May 29, 2009

Belitong

Suka dengan tulisan ini?

Bagikan
caution, just for iseng. wkwkwkwk... (ini bahasa daerah aku)
Belitong, aku kangen kau. La lamak kah dak balik. kemarik balik tek rase e dak puas kah. muje gak suat c. he he... sebile agk la kan balik ne. Perai ne agik lamak pulak. kangen juak kan mantan rase e ne. he he... Belitong, aku kangen.. Paling kangen to kan umak aku. Aku sayang la dengan umak aku to.he he... Mudah-mudahan aja umak tetap sehat selalu disanak ye.

he he.. udah ah isengnya.
oh ya, belitong itu adalah belitung, tempat aku besar dan dilahirkan. Pulau kecil di dekat sumatera. Dulu satu provinsi dengan palembang, sekarang udah misah. Kalo masih belum tau dengan belitung, teman-teman semua pasti tahu kan dengan film laskar pelangi ma Yusril. Itu film main ditempat aku. Kalo yusril satu kampung.he he... Udah sekian aja dulu yah.,he he.. Buat yang mau maen ke belitung ayuk kerumah aku aja.he he.. Tapi tidur di kandang ayam. wkwkkwwk.. gak koq, pasti tidur dikamar. Becanda aja, jgn dianggap serius yah. Tapi jangan kaget aja, rumah aku tuh kecil banget deh. Tau sendiri lah, anak orang miskin. Dirumah tinggal cuma dengan ibu aku aja. Bapak aku udah ga da sejak aku umur 3 tahunan kalo ga salah. Ga pa2 deh, toh aku masih tetap bisa tumbuh besar, makan, tidur nyenyak dan sekarang bisa kuliah. Aku sayang banget ma ibuku. Dia pahlwanku, orang yang paling berharga disana. Dia udah kerja banting tulang buat bsia besarin aku, ngasih makan, ngedengerin masalah aku, datang ke sekolah waktu aku bikin masalah, marahin aku waktu buat salah, dan sekarang tiap minggu nelpon buat bilang kalo duit udah dikirim. Padahal beliau disana dengan susah payahnya nyariin duit buat aku. Pergi kepasar dari jam 3 subuh, jaraknya sekitar 15KM lewat hutan semua. Toko tutup sekitar jam 6 sore. Yang jaga toko beliau sendiri. terus abis itu, kalo lagi senengnya(kayaknya bukan karena senag, tapi karena memang tuntutan ekonomi) bikin masakan buat dijual lagi besoknya di toko dari sayur, ikan dan bahan lainnya yang ga habis dijual hari itu dan memang masih layak untuk dimakan. Sayang dan rugi tentunya kalo dibuang. Kalo lg gtu, jam 12an malam udah bangun dan masak sampai waktunya lagi buat kepasar untuk beli sayur, ikan, tempe, kentang dan lain sebagainya. he he..Begitulah beliau setiap harinya. Dulu, waktu masih SD waktu libur aku sering ikutan kepasar buat bantuin. Begitu kerasnya hidup ibuku untuk membesarkanku. Dinginnya diwaktu subuh tak dihiraukan. Saat hujan, hanya dengan sehelai jas hujan tersebut lah untuk sedikit menepis air hujan. Dengan bantuan sepeda motor dan tekat yang bulat ibuku pergi kepasar turun berjuang di subuh hari untuk membantuku tumbuh besar, agar tak kekurangan. Ntah pagi kapan(aku udah kuliah), pulang dari pasar(bulan puasa) ban motornya bocor ditengah jalan. Karena sepinya jalan, dan juga gimana yah susah buat ngejelasinnya motor didorong aja sampai ke tempat tambal terdekat. Jauhnya itu sekitar 10KM lah. Dengan keranjang dibelakang motor yang terisi penuh dengan barang belanjaan buat dijual lagi. Kesalnya aku, kenapa dia gak minta bantuan orang lain. Ditambah lagi dia ga pernah bilang ke aku kalau bukan adiknya ibu aku yang bilang. Dan itu udah terjadi dua kali. Mak, maafek aku nok selamak ini ne la nyusaek umak, muat masalah dg urang, disekula. Maafek aku mak.. Aku sayang umak. Kelak, men aku la sukses, ikam dak kan agik pernah begawe, ikam diam dirumah biar aku agik nok kayak gtu. Aku sayang ikam mak..

Suka dengan tulisan ini?

No comments:

Post a Comment